Pada Selasa, 29 Oktober 2024, bertempat di Ruang Perpustakaan Diary’s SMKN 1 Sukorejo, telah dilaksanakan peluncuran buku perdana berjudul “Sketsa Sketsu: BINGKAI AKSARA Serpihan Cerita Sederhana dan Pengalaman Pribadi yang Menggambarkan Mozaik Perjalanan Kehidupan SEbagai Pendidik”. Buku ini merupakan karya kolaboratif yang melibatkan 26 guru SMKN 1 Sukorejo, dengan berbagai cerita, pengalaman, dan artikel inspiratif yang menggambarkan perjalanan dan dedikasi para guru dalam dunia pendidikan.
Kepala SMKN 1 Sukorejo, selaku inisiator, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi atas terbitnya buku ini. Ia berharap bahwa buku tersebut dapat menjadi media refleksi, berbagi pengalaman, serta inspirasi bagi kalangan pendidik dan siswa.

Peluncuran buku perdana karya guru SMKN 1 Sukorejo bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan guru dan lingkungan sekolah. Budaya literasi tidak hanya penting bagi siswa tetapi juga bagi tenaga pendidik. Melalui penulisan dan penerbitan buku, para guru dapat mengembangkan kemampuan literasi mereka sekaligus memberikan contoh nyata kepada peserta didik tentang pentingnya keterampilan membaca dan menulis. Peningkatan budaya literasi ini diharapkan dapat membentuk ekosistem pembelajaran yang lebih aktif, di mana guru dan siswa saling berinteraksi melalui ide-ide kreatif dan produktif.
Selain itu, kegiatan ini memberikan motivasi bagi guru lainnya untuk menulis dan berkarya. Proses menulis membutuhkan ketekunan, kreativitas, dan disiplin, sehingga keterlibatan guru dalam proyek ini dapat menginspirasi rekan kerja mereka untuk ikut serta dalam kegiatan serupa. Dengan demikian, tercipta iklim kerja yang produktif dan kolaboratif, di mana para guru tidak hanya berperan sebagai pengajar tetapi juga sebagai penulis dan pencipta karya ilmiah maupun kreatif.
Lebih jauh lagi, pelibatan guru dalam penulisan buku ini juga bertujuan untuk memperkuat peran mereka sebagai agen perubahan. Guru tidak hanya berperan dalam transfer ilmu pengetahuan tetapi juga menjadi penggerak dalam pembentukan karakter dan pola pikir siswa. Melalui gagasan dan pemikiran kreatif yang dituangkan dalam buku, guru dapat menyampaikan pengalaman, nilai-nilai, serta wawasan baru yang relevan dengan dunia pendidikan dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, para guru mampu memberi kontribusi nyata dalam menciptakan inovasi pendidikan dan menginspirasi perubahan di sekolah serta di lingkungan yang lebih luas.
Buku ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi perkembangan pendidikan dan menjadi motivasi bagi generasi selanjutnya untuk terus berkarya, khususnya dalam bidang literasi dan kreativitas. Ke depannya, kepala sekolah juga berharap agar lebih banyak guru yang terlibat dalam penerbitan buku atau karya tulis lainnya sebagai bagian dari pengembangan profesionalisme (Nisful Laily Zain).