SUKSES BESAR! KUNJUNGAN INDUSTRI MGMP KIMIA PASURUAN MENGINSPIRASI GURU-GURU SMKN 1 SUKOREJO

Agenda Sekolah Informasi Sekolah Kegiatan Sekolah

Pasuruan, 6 September 2023 – Keseruan dan kebermanfaatan menghiasi acara kunjungan industri yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Kabupaten Pasuruan. Dalam naungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Pasuruan, 36 guru dari MGMP Kimia, termasuk guru-guru Kimia dari SMKN 1 Sukorejo, memulai petualangan ilmiah mereka di dua perusahaan besar di wilayah Kabupaten Mojokerto di dampingi oleh Kasie SMK Cabang Dinas Pendidikan Pasuruan.

Kunjungan dimulai dengan menginjakkan kaki di PT. Yakult Persada Indonesia Mojokerto. Perusahaan ini telah menjadi pionir dalam membawa manfaat kesehatan bagi keluarga sejak 1991. Dalam perjalanan ini, peserta diajak untuk menyelami dunia produksi minuman probiotik. PT Yakult Indonesia Persada yang membuka pabrik baru di Ngoro Industrial Park (NIP), Mojokerto, memberikan pandangan terperinci tentang inovasi dan proses produksinya yang mengesankan. Pabrik baru ini, yang berdiri di atas lahan 5 hektare, menjadi simbol perkembangan positif dalam industri makanan di Jawa Timur.

Proses produksi di PT. Yakult Persada Indonesia tidak hanya sekadar dijelaskan oleh pihak perusahaan, tetapi juga turut dibuka kesempatan untuk berdialog langsung. Sesi tanya jawab menjadi momen berharga bagi guru-guru Kimia untuk memperoleh wawasan lebih dalam tentang aspek teknis dan ilmiah dari pembuatan minuman probiotik. Guru-guru dari SMKN 1 Sukorejo, seperti ibu Titik Chomzah, ibu Ririk Suryawati, dan ibu Khuswatul Khasanah, mengungkapkan kegembiraan dan kebermanfaatan kunjungan ini, terutama dengan interaksi langsung yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Tak lama setelahnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke PT. Aice Ice Cream Mojokerto di Ngoro Industrial Park Blok D3B Kabupaten Mojokerto. Meskipun suasana lebih santai, peserta dapat melihat secara langsung proses produksi es krim dari perusahaan berlisensi Singapura yang telah berpengalaman selama 20 tahun dalam industri tersebut. Di sini, keakraban rombongan dengan suasana pabrik menjadi lebih intens, meskipun tidak diawali dengan pertemuan formal seperti yang terjadi di PT. Yakult Persada Indonesia.

Setelah mengeksplorasi dua perusahaan tersebut, rombongan MGMP Kimia melanjutkan perjalanan mereka ke Bukit Kayuputih Dawarblandong Mojokerto. Destinasi wisata baru yang dibuka sejak Juni 2021 ini menyajikan keindahan alam yang memukau. Panorama matahari terbenam di antara tiga gunung di sekitarnya menciptakan momen yang tak terlupakan bagi peserta.

Kepala SMKN 1 Sukorejo, Ibu Nisful Laily, sangat optimis bahwa kunjungan ini akan memberikan dampak positif bagi guru-guru mata pelajaran Kimia di sekolahnya. Ia berharap bahwa pengalaman yang diperoleh dari kunjungan ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran berbasis proyek, terutama dalam pengembangan produk seperti Yakult secara manual.

Kunjungan industri ini bukan hanya memberikan pemahaman mendalam tentang proses produksi makanan, tetapi juga membuka wawasan baru bagi guru-guru Kimia di Pasuruan. Dengan semangat dan inspirasi yang diperoleh, para guru berharap dapat mengimplementasikan ide dan inovasi ini dalam pembelajaran di kelas, membuka pintu untuk lebih banyak proyek inovatif dan interaktif di masa depan. (Nisful Laily Zain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *