PTS Daring – Penilaian Tengah Semester Ganjil TA 2020/2021 Online SMK Negeri 1 Sukorejo

Agenda Sekolah Informasi Sekolah Kegiatan Sekolah

SMKN 1 Sukorejo – Senin, 21 September 2020, SMK Negeri 1 Sukorejo melaksanakan Penilaian Tengah Semester Ganjil (PTS). PTS dilaksanakan selama enam hari, dari tanggal 21 sampai dengan 28 September 2020. PTS kali ini tetap dilakukan secara online karena siswa masih Belajar dari Rumah (BDR). Sebelum PTS hari pertama dilaksanakan, siswa melakukan simulasi terlebih dahulu yang dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat (17-18/09). Simulasi dimaksudkan agar siswa tidak bingung dan dapat memahami fitur dari sistem PTS Online dengan lancar.

Pelaksaan PTS hari pertama diawali dengan koordinasi antara panitia dan wali kelas. Sebelumnya, koordinasi telah dilakukan dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sukorejo, Bapak Rudi Trisantoso, S.Pd., M.Pd. Sambutan tersebut berisi tentang pesan motivasi kepada wali kelas dan panitia, serta harapan agar PTS lancar dan siswa mendapatkan hasil yang baik.

“Kegiatan PTS ini tetap dilakukan walaupun secara daring atau online dari rumah karena tujuan dari kegiatan PTS ini yaitu untuk mengukur kemampuan siswa kita seberapa mereka paham dari mata pelajaran yang telah diberikan”, jelasnya.

PTS dimulai menjadi 3 gelombang, gelombang 1 yaitu kelas X dimulai dari pukul 07.00 – 09.00, gelombang 2 yaitu kelas XI dimulai dari pukul 09.30 – 11.30, dan gelombang 3 yaitu kelas XII dimulai dari pukul 12.00 – 14.00. Jadi pada sistem sudah terjadwal untuk pengerjaan soalnya. Setelah itu siswa dapat langsung mengerjakan soal PTS pada hari pertama, yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKn.

Di luar dari PTS daring di rumah, pihak sekolah juga menyediakan fasilitas sekolah bagi siswa-siswi yang terdapat masalah pada perangkat mobile maupun komputer dan laptopnya. Dari sambutan Bapak Kepala Sekolah saat pertemuan dengan panitia PTS, “Pihak sekolah juga harus memfasilitasi jikalau ada siswa-siswi kita yang bermasalah, misalnya ponselnya kurang support atau terkendala dengan jaringan. Masalah-masalah seperti itu bisa diatasi dengan cara siswa / siswi tersebut datang ke sekolah dengan catatan wali kelas harus mendata siapa saja siswa-siswi yang bermasalah tersebut karena pihak sekolah juga membatasi kepadatan siswa-siswi masuk ke sekolah”.

PTS hari pertama berjalan dengan lancar berkat kerja sama antara siswa, orang tua, guru, wali kelas, dan panitia PTS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *